Tempat Terapi Tumbuh Kembang Anak di Jakarta | Penanganan Tumbuh Kembang Anak

Tempat Terapi Tumbuh Kembang Anak di Jakarta |  Anak-anak yang mengalami masalah tumbuh kembang akan ditanggu di klinik tumbuh kembang anak. Yah tentu saja, karena klinik tumbuh kembang ialah klinik yang melayani beragam masalah tumbuh kembang anak, baik itu berupa keterlambatan atau gangguan tumbuh kembang. Di klinik tersebut, anak yang mengalami tumbuh kembang akan mendapatkan penanganan terpadu, mengingat tumbuh kembang mencakup beberapa disiplin ilmu. Biasanya dokter anak akan melihat secara keseluruhan perkembangan anak. Sementara seorang dokter rehabilitasi medis akan memantau perkembangan motorik anak dan melakukan apa yang akan dilakukan untuk anak tersebut. Sedangkan psikolog ikut memantau perkembangan mental dan kognisi si anak atau kejiwaan dan kecerdasannya dan melakukan tes kecerdasan.

Penanganan Terpadu

Namun wicara juga diperlukan untuk anak yang mengalami keterlambatan gangguan perkembangan bicara, terapu okupasi untuk melatih konstrasi, menyamakan kerja penglihatan dengan kehendak otak dan berbagau rangsang otot halus misalnya melatih menulis, fisiotrapi ditujukan pada anak-anak yang mengalamia gangguan motorik kasar misal usia 9 bulan belum bisa mengangkat kepala. Lain halnya dengan orthopaedagog ialah guru khusus untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan. Guru ini memiliki spesialisasi di bidang sendiri, ada yang khusus untuk mental rehabilitasi dan lainnya. Umumnya orthopaedagog diperlukan ntuk anak-anak dengan gangguan perkembangan yang memasuki usia sekolah.

Program Jangka Pendek dan Jangka Panjang

anak yang datang ke Tempat Terapi Tumbuh Kembang Anak di Jakarta  ialah anak yang memiliki keterbatasan, berbeda dengan anak normal yakni setiap anak yang datang ke klinik akan di periksa dan di seleksi oleh rehabilitasi medis. Pemerikasaan dilakukan oleh  3 ahli yakni dokter anak, psikolog dan ahli rehabilitasi.

Sesudah dilakukan pemeriksaan awal, lalu dibuatkan program untuk si anak. Tempat Terapi Tumbuh Kembang Anak di Jakarta Terdapat 2 macam program yakni jangka pendek dan panjang. Pada program jangka pendek, dicari penyebab gangguan perkembangan si anak. Lalu dibuatkan program jangka panjang untuk rehabilitasi yakni apakah si anak harus melakukan terapi wicara, fisiotrapi, terapi okupasi, paedagog dan lainnya. Setiap bulan dievaluasi perkembangan si anak untuk melihat tujuan akhir ini, yakni apakah telah tercapai tumbuh kembang optimal sesuai dengan ketebatasan si anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s